Siapkan salah satu dari Email, akun Google, atau akun Facebook yang masih aktif.
Jika memilih mendaftar menggunakan akun Google/Facebook, silahkan langsung klik tombol "Registrasi menggunakan Google" atau "Registrasi menggunakan Facebook". Setelah berhasil, langsung ke langkah nomor 4.
Jika memilih mendaftar menggunakan Email, silahkan isi formulir "Alamat Email" Anda, "Kata sandi" dan "Tulis ulang kata sandi". Kata sandi ini untuk masuk ke portal PPDB Alfamas dan bukan kata sandi email, kemudian klik tombol "Registrasi"
Setelah berhasil dan muncul pesan "Link aktivasi telah dikirim ke email", silahkan cek kotak masuk email Anda dan cari pesan dari "PPDB Alfamas" subject "Aktivasi Akun Pendaftaran"
Klik "Link Aktivasi" atau tautan tombol "Aktifkan Akun Sekarang" untuk mengaktifkan akun PPDB Alfamas Anda sampai Anda diarahkan ke halaman login dengan notifikasi "Akun telah aktif, silahkan masuk"
Masuk / Login
Masukkan "Alamat Email" dan "Kata sandi" yang telah didaftarkan pada portal PPDB Alfamas dengan status aktif.
Klik tombol "Masuk"
Jika memilih masuk menggunakan akun Google/Facebook, silahkan klik tombol "Masuk menggunakan Google" atau "Masuk menggunakan Facebook".
Pembayaran Biaya Pendaftaran
Untuk dapat melanjutkan proses pendaftaran (pengisian formulir) diwajibkan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 100.000,-
Pembayaran dapat dilakukan secara langsung maupun transfer.
Klik "Petunjuk pembayaran" pada peringatan berlatar belakang warna merah bertuliskan "Akun belum Aktif! silahkan melakukan pembayaran . . . . "
Lakukan transfer biaya pendaftaran ke nomor rekening yang tertera.
Upload foto bukti transfer dan klik tombol "Konfirmasi Pembayaran"
Silahkan tunggu verifikasi bukti bayar dari Admin dan akun akan segera aktif untuk selanjutnya dapat mengisi Form Pendaftaran.
Mengisi Formulir Pendaftaran
Pilih menu "Form Pendaftaran", untuk pengguna mobile browser klik dulu icon menu di sebelah kiri atas.
Pilih "Biodata Diri" untuk mengisi dan melengkapi formulir biodata diri, kemudian klik tombol "Simpan" atau "Simpan Lanjutkan".
Kemudian isi dan lengkapi "Data Orang tua", klik tombol "Simpan" atau "Simpan Lanjutkan".
Kemudian isi dan lengkapi "Data Sekolah Asal", klik tombol "Simpan" atau "Simpan Lanjutkan".
Kemudian upload / "Unggah Berkas" antara lain:
Pas Foto calon peserta didik baru (wajib)
Scan/foto Akte Kelahiran (wajib)
Scan/foto Kartu Keluarga/KK (wajib)
Scan/foto Ijazah/SKHUN/SKL/Rapor Smt. 5 (wajib)
Scan/foto Kartu Keluarga/KK (wajib)
Scan/foto KTP Orang tua (wajib)
Scan/foto KIP/KPS (jika punya)
Scan/foto SKTM (bagi keluarga tidak mampu)
Scan/foto Piagam Penghargaan (jika punya)
Klik tombol "Resume" dan kemudian "Lihat Resume" ata ke menu "Resume" untuk mencetak resume pendaftaran apabila pengisian data formulir sudah 100% Siap Cetak Resume. Resume pendaftaran digunakan sebagai lampiran Daftar Ulang.
Daftar Ulang
Klik menu "Daftar Ulang"
Berkas yang perlu disiapkan antara lain:
Scan/foto Resume pendaftaran yang sudah dicetak dan ditandatangani.
Scan/foto Bukti transfer biaya daftar ulang.
Unggah/upload berkas tersebut pada form yang tersedia.
Menunggu proses verifikasi dari admin. Proses verifikasi memakan waktu maksimal 2 x 24 jam kerja.